BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Minggu , 16 Desember 2018
Home / Warta / Field Trip Mahasiswa TPKP

Field Trip Mahasiswa TPKP

Jumat (20/07) Program Studi Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik angkatan 2016 melakukan kegiatan Field Trip Mata Kuliah Kewirausahaan di Dusun Wintaos, Desa Girimulya, Panggang, Gunung Kidul. Kegiatan tersebut didampingi oleh Ibu Diana Ross Arief dan beberapa staf prodi. Kegiatan Field Trip dilakukan dalam suatu komunitas yang bernama Sekolah Pagesangan. Sekolah Pagesangan merupakan suatu komunitas atau perkumpulan yang sengaja dibentuk untuk memberdayakan masyarakat yang berada di desa Girimulya dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia di desa tersebut.

Sekolah Pagesangan dikelola oleh warga sekitar, dengan sistem kesepakatan bersama. Di Sekolah Pagesangan terdiri dari 4 kelompok, yaitu kelompok anak-anak, kelompok remaja, dan kelompok tani/kelompok bapak-bapak. Pada kelompok anak-anak lebih diajarkan mengenai pengenalan lingkungan. Untuk kelompok remaja diajarkan mengenai pemasaran dan produksi. Kelompok ibu-ibu pada bagian pengolahan produk, sedangkan untuk kelompok bapak-bapak pada bidang pertanian dan perkebunan. Produk yang dihasilkan sudah mencapai 22 jenis, seperti ; tepung tapioca, keripik, minyak dan banyak produk lainnya. Pemasaran produk sudah merambah untuk pasar luar kota dengan omset jutaan rupiah per minggu.

Desa Girimulya merupakan desa yang memiliki tanah yang bersifat tadah hujan. Pada saat musim kemarau tanah yang berada di desa tersebut menjadi gersang dan tandus. Pada musim tersebut, tanah hanya bisa ditanami kacang-kacangan, ketela, dan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Tetapi pada saat musim hujan dapat ditanami berbagai macam sayur-sayuran. Dengan keterbatasan tersebut warga yang tergabung dalam komunitas Sekolah Pagesangan tidak putus asa. Justru kekurangan tersebut dijadikan sebagai peluang. Saat ini bahkan permintaan produksi sudah sangat meningkat sampai bahan bakunya kekurangan.

Pada Field Trip TPKP 2016 ini mahasiswa diperkenalakan secara langsung produ-produk Sekolah Pagesangan serta diajarkan bagaimana cara/teknik untuk membuat produk tersebut, seperti pembuatan minyak dan tepung tapioca. Selain dijelaskan mengenai produk, mahasiswa juga diberikan pengetahuan dan nasehat mengenai kewirausahaan. Jadi Komunnitas Sekolah Pagesangan ini sangat memberikan manfaat tentunya mengenai semangat kewirausaahan dari anggotanya yang memiliki banyak keterbatasan namun justru dijadikan sebuah peluang. Kunjungan ditutup dengan mahasiswa memberikan kenang-kenangan dan foto bersama.

[gallerylightboxsize=”full” ids=”3071,3072,3073″]

Baca juga

Politeknik ATK raih Perak di SNI Award 2018

Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali memberikan penghargaan kepada organisasi/perusahaan yang dinilai paling baik dan konsisten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *