BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Jurusan TPKP

Jurusan TPKP

Profil Jurusan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP)

Jurusan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik merupakan jurusan yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli di industri pengolahan karet dan plastik meliputi perencanaan, proses produksi dan pencetakan, problem solving, analisis dan quality control produk. Karet merupakan sumber daya alam unggulan dan merupakan industri andalan dalam rancang bangun industri nasional, sementara produk plastik merupakan industri yang memiliki keterkaitan industri sangat luas, seperti industri plastik kemasan, industri kulit sintetis, plastik untuk keperluan industri elektronika, industri otomotif, dan industri peralatan rumah tangga (warehouse). Dua hal tersebut membuat program studi ini sangat menjanjikan dan selaras dengan tren perkembangan teknologi. Dengan peralatan yang memadai seperti peralatan produksi di workshop karet dan plastik, serta alat intrumentasi yang lengkap untuk quality control, lulusan program studi ini akan memiliki kompetensi di bidang proses produksi, PPIC, Research and Development (R&D) dan Quality Control industri karet dan industri plastik.

Proses belajar mengajar pada Jurusan TPKP didukung oleh dosen tetap dan dosen tidak tetap yang sebagian besar berkualifikasi pendidikan S-1, S-2, dan S-3, serta praktisi dari industri yang dapat menunjang keahlian dan ketrampilan mahasiswa.

Visi dan Misi

Visi Jurusan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik sampai tahun 2020 adalah menjadi jurusan yang profesional dibidang pengolahan karet dan plastik, dan sampai tahun 2035 profesional di bidang karet dan plastik, yang mampu dan tanggap menjawab tantangan dan permasalahan dalam industri manufaktur baik regional maupun nasional melalui penguasaan Ilmu Pengetahuan danTeknologi (IPTEK).

Misi Jurusan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan ahli madya diploma 3 teknologi pengolahan karet dan plastik yang kompeten dan mampu mengikuti perkembangan teknologi secara komprehensif.
  2. Memfasilitasi penelitian terapan dan mempublikasikan hasilnya untuk mengembangkan sains dan teknologi di bidang karet dan plastik.
  3. Berperan secara aktif dalam program Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat .

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan Jurusan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik untuk menghasilkan ahli madya diploma 3 yang profesional tingkat sains terapan dibidang teknologi pengolahan karet dan plastik yang berkompetensi, terdidik, berpikir maju, mandiri dan memegang teguh nilai-nilai Pancasila.