Sabtu , 26 November 2022
Home / Penelitian / 2006 / PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN SENTRA KERAJINAN KULIT MANDING DI KABUPATEN BANTUL

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN SENTRA KERAJINAN KULIT MANDING DI KABUPATEN BANTUL

oleh Sugiyanto 1)
tahun 2006


INTISARI

Materi penelitian diambil di sentra kerajinan kulit Manding Kabupaten Bantul. Sentra kerajinan Kulit Manding sebenarnya memiliki peluang yang cukup bagus karena letaknya yang strategis, namun karena kurang didukung dengan tingkat pendidikan yang memadai, maka agak sulit untuk berkembang seperti yang diharapkan. Metode penelitian dilakukan dengan observasi, interview, dan kuesioner yang dibagikan kepada para responden. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling. Hal ini dilakukan dengan maksud agar sampel yang diambil cukup mewakili keseluruhan pengrajin dan perlakuan terhadap responden dipandang lebih objektif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pendidikan berpengaruh terhadap etos kerja dan sikap para perajin, dan perkembangan sentra kerajinan kulit Manding. Oleh karena itu, terbukti bahwa meskipun para pengrajin memiliki keahlian, kemampuan, dan kemauan kerja keras ternyata tidak cukup untuk menangkap peluang yang ada. Demikian pula, tingkat pendidikan yang rendah juga berpengaruh terhadap ikut serta dalam mengakses berbagai even pemasaran produk, baik dalam bentuk pameran ataupun bentuk lain yang kurang diikuti oleh para pengrajin.

Kata kunci: Kerajinan kulit, pendidikan, Manding

1) Staf Pengajar Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta Program Studi Desain dan Teknologi Produk Kulit

Baca juga

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN KULIT EXIS COLLECTION YOGYAKARTA

Tugimin ABSTRACT This study aims to determine the level of liquidity and profitability level of ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.