Kamis , 2 April 2020
Home / Warta / Prodi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK) Politeknik ATK Yogyakarta Fasilitasi Diskusi Ilmiah dan Trial dari PT. Warna Jaya Sentosa dan Quimser, S.A.

Prodi Teknologi Pengolahan Kulit (TPK) Politeknik ATK Yogyakarta Fasilitasi Diskusi Ilmiah dan Trial dari PT. Warna Jaya Sentosa dan Quimser, S.A.

Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit (Prodi TPK) terus menjalin kerja sama dengan industri. PT Warna Jaya Sentosa (WJS) dan Quimser, S. A. berkerja sama dengan Prodi TPK dan Politeknik ATK Yogyakarta untuk melaksanakan diskusi ilmiah dan trial tanning hingga pasca tanning ramah lingkungan selama 3 hari, tanggal 26-28 Februari 2020. PT. WJS merupakan perusahaan distributor kemikalia yang berkantor di Bandung, sedangkan Quimser, S. A. merupakan perusahaan produk kemikalia penyamakan kulit dari Barcelona, Spanyol.

Pada hari pertama, tanggal 26 Februari 2020, di kampus 1 Politeknik ATK Yogyakarta diselenggarakan pembukaan resmi dan diskusi ilmiah bertajuk “Eco Friendly and Free Formaldehyde Chemicals for Cleaner Tanning Industry“. Kegiatan dihadiri tim dari PT. WJS dan Quimser, S. A., Pembantu DIrektur I, Dr. Eng. R.B. Seno Wulung, Ketua Prodi TPK, Sofwan Siddiq Abdullah, A.Md., S.T., M.Sc., 15 dosen dan 7 teknisi Prodi TPK. Dalam sambutan selaku tuan rumah, Bapak Seno Wulung mewakili Direktur Politeknik ATK mengatakan “Demi mendukung kemajuan industri, khususnya di sektor perkulitan, perlu adanya kerja sama antara 3 pihak, yaitu akademisi, industri, dan pemerintah, jadi apa yang dilaksanakan hari ini adalah bentuk implementasi untuk mengembangkan industri perkulitan di Indonesia”.  Diskusi Ilmiah di lanjutkan dengan trial tanning dan pasca tanning di Workshop Beam House Operation dan Tanning (BHO).

Hotman Simorangkir, BSc. selaku manajer divisi kulit dan chemical PT. WJS menyampaikan  bahwa alat dan mesin yang dimiliki Politeknik ATK Yogyakarta khususnya Program Studi TPK saat ini sudah lengkap, sangat mendukung kegiatan praktik perkuliahan, bahkan sudah merepresentasikan industri perkulitan yang sebenarnya.  Sr. Salvador Esquerra Resa, pimpinan Quimser, S. A., menambahkan bahwa kondisi Workhop sangat bersih dan nyaman dan meyatakan sudah memenuhi standar pendidikan internasional.  Dalam penutupan kegiatan ini, Ketua Prodi TPK mengharapkan adanya peningkatan kerja sama yang lebih baik dengan indutri, baik dalam maupun luar negeri, salah satunya produsen khemikalia kulit seperti Quimser, S.A.

Baca juga

Pelaksaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online.

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tertanggal 30 Maret 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *