BIGtheme.net http://bigtheme.net/ecommerce/opencart OpenCart Templates
Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Tugas Akhir

Tugas Akhir

Tugas Akhir

Tugas Akhir adalah tugas mandiri mahasiswa semester akhir yang harus dilaksanakan sebelum menyelesaikan studinya dan mempunyai bobot 4 SKS. Tugas Akhir diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa, dosen, dan institusi Politeknik ATK Yogyakarta baik ditinjau dari sisi keilmuan dan keterampilan serta adanya manfaat yang dapat diterapkan di industri, masyarakat dan pemerintah dalam bentuk inovasi, efisiensi dan produktivitas. Tugas Akhir terdiri dari:

  1. Magang
    Magang adalah suatu kegiatan pembelajaran di lapangan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam dunia kerja.Magang dilaksanakan kurang lebih 3 bulan di perusahaan dan dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan magang. Magang memiliki bobot penilaian 20% dari Tugas Akhir.
    Magang bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional serta menambah wawasan mengenai dunia industri dan meningkatkan keterampilan serta keahlian praktek kerja.
  2. Karya akhir
    Karya akhir merupakan karya ilmiah yang menghasilkan ilmu pengetahuan atau sesuatu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan dikerjakan menurut aturan atau tata cara tertentu yang telah diakui secara luas oleh para ahli sebagai metode ilmiah.Karya akhir memiliki bobot penilaian 80% dari Tugas Akhir. Karya akhir dapat berupa:

    • Problem solving, yaitu mahasiswa mengidentifikasi dan menentukan akar masalah serta menentukan solusi atas permasalahan tersebut berdasarkan metodologi ilmiah, dan dituangkan dalam bentuk laporan karya akhir.
    • Karya Mandiri, yaitu berupa penciptaan produk berdasarkan suatu permasalahan yang mencakup pembuatan portofolio dan prototype yang kemudian dituangkan dalam laporan karya akhir.
      Portofolio merupakan dokumentasi proses peciptaan produk mulai dari ide awal sampai pada proses pembuatan prototype. Prototype merupakan produk jadi pertama dari satu objek yang direncanakan dibuat dalam satu proses produksi, mewakili bentuk dan dimensi dari produk yang diciptakan dan digunakan untuk objek penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

    Karya akhir bertujuan untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menentukan akar masalah dan menentukan solusi atas permasalahan tersebut berdasarkan metodologi ilmiah.