Kamis , 8 Desember 2022
Home / Warta / Pelatihan Pengelolaan Sampah Plastik

Pelatihan Pengelolaan Sampah Plastik

Rabu – Jumat (08-10 Desember 2021), Dosen-dosen program studi di Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Plastik di Bank Sampah Bareng Mukti desa Sidomulyo Bambanglipuro, Bantul. Kegiatan yang diikuti oleh 16 orang anggota Bank Sampah ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan salah satu pilar Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Selama pelatihan peserta dibekali materi mengenai pengelolaan sampah plastik mulai dari pengetahuan dasar, teknik pemilahan sampah (sortasi), proses daur ulang sampah, hingga praktek pengolahan sampah plastik menjadi Ecobrick. Ecobrick merupakan metode untuk meminimalisir sampah dengan media sangkar botol plastik yang diisi dengan limbah anorganik (limbah yang tidak dapat diurai) hingga benar-benar keras dan padat. Keunggulan dari pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick adalah prosesnya yang mudah, murah, dan tidak membutuhkan peralatan khusus, sehingga cocok dilakukan di lingkungan masyarakat.

Baca juga

Politeknik ATK Yogyakarta Raih Penghargaan TVET 4.0

Jumat (25/11), BPSDMI Kementerian Perindustrian sukses menggelar acara peluncuran Industrial Vocational Year (IVY) 2023. IVY ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.