Jumat , 12 Agustus 2022
Home / Warta / Kembangkan UMKM pengolahan kulit buaya, Pemkab Batu Bara gandeng Politeknik ATK Yogyakarta

Kembangkan UMKM pengolahan kulit buaya, Pemkab Batu Bara gandeng Politeknik ATK Yogyakarta

Jumat (27/05), Politeknik ATK Yogyakarta mengadakan rapat penjajakan kerjasama terkait pengolahan kulit buaya dengan pemerintah Kabupaten Batu Bara.

Batu bara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Kabupaten tersebut memiliki salah satu potensi lokal yaitu penangkaran buaya. Namun demikian, mereka belum dapat memaksimalkan potensi tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis lebih tinggi.

Dalam rangka mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Pemerintah Kabupaten Batu Bara berupaya mendorong pemanfaatan kulit buaya yang terdapat di desa Simpang Gambus untuk dapat dibuat produk bernilai ekonomis tinggi seperti dompet, ikat pinggang, dan lain sebagainya. Pemkab Batubara berharap masyarakat di wilayah tersebut dapat memiliki UMKM yang mampu mengolah dan memasarkan produk kulit buaya termasuk dengan legalitasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Batu Bara menggandeng Politeknik ATK Yogyakarta yang merupakan perguruan tinggi negeri vokasi yang memiliki spesialisasi salah satunya di bidang pengolahan kulit untuk dapat menyelesaikan program tersebut.

Pertemuan tersebut diadakan secara online melalui platform zoom dari ruang Command Centre Kabupaten Batu Bara dan Politeknik ATK Yogyakarta.

Baca juga

Tingkatkan Kreativitas IKM Di Magetan, P3K Andal Sejahtera Abadi Magetan Gandeng Politeknik ATK Gelar Pelatihan Pembuatan Produk Kulit

Selasa (09/08), Politeknik ATK Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Pembuatan Topi dan Rompi Berbahan Dasar Kulit Samak ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.