Minggu , 27 November 2022
Home / Warta / Peningkatan Kerjasama Sumber Daya Manusia Politeknik ATK Yogyakarta

Peningkatan Kerjasama Sumber Daya Manusia Politeknik ATK Yogyakarta

Pada tanggal  31 Mei – 4 Juni 2015, tenaga pendidik dan kependidikan Politeknik ATK Yogyakarta mengadakan kegiatan Peningkatan Kerjasama Sumber Daya Manusia yang diadakan di Balai Diklat Industri Bali. Kegiatan pada hari pertama antara lain adalah laporan jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan oleh Bapak V. Sanjaya Nugraha, A.Md., S.Pd., M.Pd., selaku ketua panitia.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Eng. Raden Bagus Seno Wulung, S.T., M.T., selaku Pembantu Direktur I (Bidang Akademik) mengenai pentingnya penerapan hidden curriculum di lingkungan Politeknik ATK Yogyakarta. Hal ini terkait dengan pengembangan karakter dan kemampuan komunikasi mahasiswa. Penerapan hidden curriculum untuk pengembangan karakter dapat dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa dengan membiasakan untuk menerapkan kedisiplinan diri, misalnya; datang tepat waktu pada jam kuliah, membiasakan untuk menghapus papan tulis setelah digunakan, mengumpulkan tugas tepat waktu, membereskan meja dan kursi sehabis digunakan, mematikan lampu dan alat elektronik dalam kelas atau laboraturium, dan lain sebagainya.  Sedangkan untuk pengembangan komunikasi, para dosen dapat melatih mahasiswa dalam berbicara di depan publik dengan cara diskusi dan presentasi, serta menggunakan format slide dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga mahasiswa terbiasa dengan istilah yang digunakan terkait dengan bidang keilmuannya.

Sambutan terakhir diberikan oleh Bapak Drs. Sugiyanto, S.Sn, M.Sn, selaku Direktur Politeknik ATK Yogyakarta. Beliau menyampaikan mengenai jumlah mahasiswa & jumlah lulusan Politeknik ATK Yogyakarta dan jumlah alumni yang terserap dalam industri. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan rencana pembangunan dan ketersediaan anggaran 2014-2015.

Kegiatan selanjutnya adalah presentasi dari Satuan Penjaminan Mutu (SPM), Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M), Lembaga Serifikasi Profesi  (LSP), Prodi Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK), serta Pelayanan Publik (PP) terkait dengan kegiatan yang berlangsung dalam kurun waktu dekat. Dari SPM menjabarkan mengenai audit eksternal oleh SAI Global yang telah dilakukan pada bulan Maret 2015, beserta isi temuan auditor. Dilanjutkan dengan fungsi SPM dalam ruang lingkup Politeknik ATK Yogyakarta. Selanjutnya, UP2M memberi selamat kepada para dosen peraih dana bantuan penelitian SPIRIT serta memaparkan pentingnya penelitian para dosen dan mahasiswa terkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan serta sarana dan prasarana yang didukung oleh Politeknik ATK Yogyakarta seperti bantuan dana penelitian dan pengabdian masyarakat, bantuan biaya publikasi jurnal dan konferensi internasional, dan lain sebagainya.  LSP menjabarkan visi misi serta rangkaian kegiatan LSP yang berlangsung dalam setahun, SOP pelaksanaan, serta legalitasnya. Prodi TPPK mengulas mengenai kegiatan visitasi akreditasi TPPK yang baru saja dilaksanakan pada awal bulan Mei 2015. Terakhir, presentasi oleh unit Pelayanan Publik mengenai keterbukaan informasi yang disediakan pada website ATK, dan SOP yang mendukung terlaksananya kegiatan yang dilakukan oleh unit pelayanan publik.

Pada hari kedua dilaksanakan capacity building yang dilakukan di kawasan Kebun Raya Eka Karya Bedugul. Berbagai kegiatan untuk meningkatkan kerjasama tim, solidaritas, kedisiplinan, dan loyalitas digelar di tempat ini. Perlombaan antar kelompok pegawai diadakan untuk menambah rasa kebersamaan dan sportifitas kerja.

Baca juga

Politeknik ATK Yogyakarta Jalin Kerja Sama Peningkatan SDM dengan PT Intidragon Suryatama

Beberapa waktu lalu, Politeknik ATK Yogyakarta menandatangi dokumen kerjasama dengan PT Intidragon Suryatama. PT Intidragon ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.