Minggu , 27 November 2022
Home / Warta / WISUDA ATK 2016 – LEBIH DARI 60% LULUSAN TELAH BEKERJA SEBELUM WISUDA

WISUDA ATK 2016 – LEBIH DARI 60% LULUSAN TELAH BEKERJA SEBELUM WISUDA

Hari Kamis (17/11) kemarin, Politeknik ATK Yogyakarta menyelenggarakan salah satu event besar yakni Wisuda program Diploma tahun 2016. Bertempat di Auditorium Politeknik ATK, wisuda kali ini diikuti oleh 309 Wisudawan yang terdiri dari 92 orang lulusan Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit dan 217 orang lulusan Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit. Rata-rata masa studi yang ditempuh wisudawan adalah 3 tahun dengan indeks prestasi tertinggi 3,87.

Pada pelaksanaan wisuda yang juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian tersebut dibacakan nama lulusan yang sudah bekerja. Sebanyak 64% wisudawan sudah bekerja baik pada industri terkait maupun membuka usaha sendiri (berwirausaha). Sedangkan sisanya masih dalam tahap seleksi kerja dan ada juga yang melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik ATK menyampaikan bahwa lulusan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Politeknik ATK kepada bangsa dan Negara Indonesia, dan sekaligus merupakan karya utama Politeknik ATK. Sehingga sampai saat ini, para alumni Politeknik ATK banyak dibutuhkan di berbagai sektor, baik itu sektor industri, instansi pemerintah, maupun berwirausaha dengan menciptakan peluang usaha industri kreatif bidang kulit dan produk kulit.

Daya dukung sebuah perguruan tinggi vokasional seperti halnya Politeknik ATK sangat penting dalam melakukan pengembangan industri menuju negara industri maju tahun 2025. Daya dukung tersebut salah satunya adalah dalam hal transfer teknologi, baik melalui pembinaan dan pendampingan untuk meningkatkan nilai tambah industri, serta peningkatan daya saing industri kulit berupa peningkatan kualitas, penurunan biaya produksi, dan perbaikan sistem layanan industri Indonesia. Proses transfer teknologi terutama dilakukan oleh para alumni Politeknik ATK yang telah berkarya di masyarakat, selain juga dapat berupa penerapan hasil-hasil penelitian Politeknik ATK secara langsung.

Peranan lulusan Politeknik ATK yang sangat penting adalah meningkatkan porsi teknologi dalam nilai tambah industri yaitu pada proses transformasi bahan baku menjadi produk. Teknologi merupakan komponen pokok dalam kompetensi inti industri, sehingga alumni Politeknik ATK akan berperan dalam mengarahkan daya saing industri lebih kepada core competence competitiveness dari pada resources based competitiveness.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian dalam sambutannya menyampaikan bahwa Politeknik ATK telah memiliki SDM dan Kurikulum yang sesuai dengan Industri. Serta Kementerian Perindustrian akan senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan vokasi pada sekolah dan perguruan tinggi dibawah Kementerian Perindustrian. Komitmen tersebut antara lain berupa pengembangan SDM dan peningkatan sarana prasarana pendukung. Beliau juga berpesan kepada para wisudawan untuk tetap menjaga sikap (attitude) sebagai pendukung pengetahuan dan ketrampilan yang telah dimilikinya dalam rangka memajukan industri nasional.

Baca juga

Politeknik ATK Yogyakarta Jalin Kerja Sama Peningkatan SDM dengan PT Intidragon Suryatama

Beberapa waktu lalu, Politeknik ATK Yogyakarta menandatangi dokumen kerjasama dengan PT Intidragon Suryatama. PT Intidragon ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.